PROGRAM STUDI ILMU FILSAFAT
Diposting tanggal: 16 November 2012

PROGRAM STUDI ILMU FILSAFAT

Visi

Menjadi program studi Filsafat yang unggul dan terkemuka dalam pemaduan dan pengembangan studi keislaman, keagamaan dan kefilsafatan bagi kemanusiaan yang berhubungan langsung dengan komitmen kemanusiaan, moralitas, politisi dan logika berdasarkan nilai-nilai keislaman yang berbasis Ahluss Sunnah wal Jamaah dan memiliki wawasan internasional dan global serta memberi arah pada perubahan dan kebangkitan nasional.

Misi Program Studi

  1. Mengembangkan pendidikan jenjang Sarjana dalam bidang pemikiran keislaman, keagamaan, keilmuan, dan kefilsafatan yang padu, aktual, pluralis, dan transformatif .
  2. Mengembangkan sumberdaya manusia bidang filsafat berlandaskan nilai-nilai keislaman, memiliki wawasan internasional, dan berorientasi global, serta memberi arah perubahan dalam rangka membangun masyarakat Indonesia sebagai masyarakat plural berdasarkan interaksi dimensi akali, imajinasi, rasawi dan dimensi imani.
  3. Mengembangkan wawasan keislaman, keagamaan, keilmuan, dan kefilsafatan yang padu, aktual, dan inklusif
  4. Meningkatkan penelitian dan kajian ilmiah tentang keislaman keagamaan, keilmuan, dan kefilsafatan dengan penguasaan metodologi yang kuat.
  5. Memberdayakan masyarakat menuju terbentuknya masyarakat yang berkeadaban dalam bingkai universalitas nilai-nilai Islam dan kebhinnekaan Indonesia.

Tujuan Program Studi

  1. Dihasilkannya ilmu pengetahuan, teknologi, budaya dan seni pada biddang kebudayaan berlandaskan berdasarkan interaksi dimensi akali, imajinasi, rasawi dan dimensi imani.
  2. Melahirkan Sarjana yang ahli dalam pemikiran Islam yang padu dengan studi keagamaan, kefilsafatan, dan ilmu-ilmu sosial-humaniora dalam rangka transformasi sosial nilai-nilai kemanusiaan universal dan transendental yang berkeadaban.
  3. Terbentuknya sumberdaya manusia yang profesional pada bidang ilmu kehidupan yang mampu mengambil sikap mandiri dan bijaksana terhadap persoalan kehidupan, mencermati dan menganalisis secara mendalam persoalan-persoalan mendasar seputar pergumulan nilai dan makna dalam dunia manusia dewasa ini.
  4. Terlaksananya program pemberdayaan masyarakat melalui proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka membangun masyarakat Indonesia menuju masyarakat madani yang berlandaskan Bhineka Tunggal Ika.

Lulusan Program Studi Ilmu Filsafat diharapkan dapat berperan di masyarakat sebagai:

  1. Pengajar di sekolah untuk bidang pendidikan, keagamaan, budaya dan sejarah
  2. Administrator, Kepala sekolah dan Manajer Kependidikan
  3. Konsultan Kejiwaan & Kebahasaan
  4. Fasilitator program etika dan profesi
  5. Peneliti dan Pengamat lingkungan/sosial
  6. Politisi dan Diplomat
  7. Wartawan dan jurnalis di media massa, baik media cetak ataupun elektronik (Kompas, Media       Indonesia, Metro TV, dan Jawa Pos).
  8. Editor di berbagai penerbitan buku-buku ilmiah.
  9. Pengembangan sumber daya manusia di berbagai organisasi ataupun perusahaan.
  10. Pengajar Etika, Filsafat, Agama, dan Ekonomi di berbagai sekolah maupun perguruan tinggi.

Kembali ke FAKULTAS AGAMA ISLAM

Lanjut ke PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM