PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Diposting tanggal: 16 November 2012

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Visi Program Studi

UNU Cirebon bercita-cita untuk menjadi perguruan tinggi Islam terkemuka, pelopor pembaharuan pemikiran dan pelaksanaan kehidupan beragama menuju penciptaan suasana pendidikan yang menjunjung tinggi nilai-nilai ke-Islaman yang memiliki reputasi terpercaya (amanah), unggul/terbaik (hasanah) dan berkeseimbangan(‘adalah) yang bermanfaat bagi diri sendiri, umat, masyarakat, bangsa, dan negara.

Misi Program Studi

  1. Menyelenggarakan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi yang dilandasi nilai-nilai Islam agar dapat menghasilkan lulusan yang berwawasan luas, berketerampilan tinggi dan bertanggung jawab kepada diri sendiri, masyarakat, dan Allah SWT.
  2. Mengembangkan Pendidikan Agama Islam secara teoritik dan praktik agar dapat membangun sistem dan operasional pendidikan Islam yang memiliki reputasi terpercaya (amanah), terbaik (hasanah) dan berkesinambungan (adalah)
  3. Mengembangkan dan memberdayakan masyarakat melalui proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka membangun masyarakat Indonesia menuju masyarakat madani yang ber Bhineka Tunggal Ika.

Tujuan Program Studi

  1. Dihasilkannya ilmu pengetahuan, teknologi, budaya dan seni pada keagamaan berlandaskan nilai-nilai keislaman, bertaraf internasional, dan berorientasi global  dalam rangka membangun masyarakat Indonesia sebagai masyarakat utama.
  2. Menghasilkan insan terdidik yang berpotensi sebagai mujahid (pejuang),mujtahid (pemikir), dan mujaddid (pembaharu).
  3. Membinan lingkungan fisik dan sosial yang tertib, diamis sebagai bagian dari masyarakat yang adil, makmur dan diridhai Allah SWT
  4. Menegakkan nilai-nilai Islam dan budaya Islami secara damai kepada individu, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.
  5. Terlaksananya program pemberdayaan masyarakat melalui proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka membangun masyarakat Indonesia menuju masyarakat madani yang berlandaskan Bhineka Tunggal Ika.

     Lulusan Program Studi Pendidikan Agama Islam diharapkan dapat memiliki kompetensi  utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya dalam menjalankan peran yang dipilih di kehidupan bermasyarakat. Secara umum lulusan program studi Pendidikan Agama Islam  diharapkan dapat menjadi Sarjana Pendidikan Agama Islam yang unggul dalam bidang keagamaan guna menunjang penguasaan materi pendidikan Agama Islam, lulusan juga berkemampuan menguasai ilmu-ilmu dasar yang terkait dengan kompetensi utamanya.

     Secara umum, pernyataan kompetensi lulusan yang dihasilkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam  adalah lulusan yang memiliki keterampilan dan kemampuan untuk menjelaskan dan menerapkan prinsip-prinsip Pendidikan Agama Islam  dan mengembangkan serta menyebarluaskan khazanah keilmuan di bidang bidang kependidikan Islam, sehingga dapat meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dalam peningkatan kualitas pendidikan Islam (baik sebagai ilmu maupun lembaga).

 

Lulusan Program Studi Pendidikan Agama Islam diharapkan dapat berperan di masyarakat sebagai:

  1. Pengajar di sekolah untuk bidang Pendidikan Agama Islam
  2. Administrator, Kepala sekolah dan Manajer Kependidikan
  3. Pengawas pendidikan
  4. Fasilitator program Pendidikan Agama Islam
  5. Konsultan dan peneliti di bidang Pendidikan Agama Islam
  6. Juru Dakwah/Da’I Agama Islam
  7. Psikolog Muslim

Kembali ke FAKULTAS AGAMA ISLAM

Lanjut ke PROGRAM STUDI ILMU FILSAFAT