PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI
Diposting tanggal: 22 November 2012

Visi Program Studi

Sebagai program studi yang unggul dalam menghasilkan tenaga pendidik dan metode pembelajaran bidang Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi berdasarkan nilai-nilai keislaman yang berbasis Ahluss Sunnah wal Jamaah dan memiliki wawasan internasional dan global serta memberi arah pada perubahan dan kebangkitan nasional.

Misi Program Studi

  1. Memajukan metoda pembelajaran untuk bidang Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi yang berlandaskan nilai-nilai keislaman, bertaraf internasional, dan berorientasi global  dalam rangka membangun masyarakat Indonesia sebagai masyarakat utama.
  2. Mengembangkan sumberdaya manusia sebagai tenaga pendidik pada bidang Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi yang kompeten yang dilandasi nilai-nilai keislaman, memiliki wawasan internasional, dan berorientasi global, serta memberi arah perubahan dalam rangka membangun masyarakat Indonesia sebagai masyarakat plural.
  3. Mengembangkan dan memberdayakan masyarakat melalui proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka membangun masyarakat Indonesia menuju masyarakat madani yang ber Bhineka Tunggal Ika.

Tujuan Program Studi

  1. Dihasilkannya metoda pembelajaran untuk bidang bidang Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi yang berlandaskan nilai-nilai keislaman, bertaraf internasional, dan berorientasi global  dalam rangka membangun masyarakat Indonesia sebagai masyarakat utama.
  2. Terbentuknya sumberdaya manusia sebagai tenaga pendidik pada bidang Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi yang kompeten yang dilandasi nilai-nilai keislaman, memiliki wawasan internasional, dan berorientasi global, serta memberi arah perubahan dalam rangka membangun masyarakat Indonesia sebagai masyarakat plural.
  3. Terlaksananya program pemberdayaan masyarakat melalui proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka membangun masyarakat Indonesia menuju masyarakat madani yang ber Bhineka Tunggal Ika.

Lulusan Program Studi Penjaskes diharapkan dapat memiliki  kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya dalam menjalankan peran yang dipilih di kehidupan bermasyarakat.

            Secara umum lulusan program studi Penjaskes diharapkan dapat menjadi Sarjana Pendidikan yang unggul dan memiliki kemampuan didalam mengajar, mengelola dan mengembangkan bidang pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi. Guna menunjang penguasaan pengelolaan pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi, lulusan harus juga mempunyai kemampuan menguasai dasar-dasar ilmu yang terkait dengan proses dan manajemen pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi.

 

Lulusan Program Studi Penjaskes diharapkan dapat berperan di masyarakat sebagai:

  1. Pengajar atau instruktur program pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi.
  2. Manajer/pengelola program pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi.
  3. Pengawas pendidikan bidang jasmani, kesehatan, dan rekreasi.
  4. Fasilitator program pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi.
  5. Konsultan pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi.